Informasi Aneka Peluang Bisnis, Analisa Usaha, Tips Motivasi Bisnis, Potensi Bisnis Daerah, Profile Pengusaha, Usaha dengan Modal Kecil, peluang usaha dengan modal kecil,buka usaha dengan modal kecil usaha sendiri dengan modal kecil,usaha rumahan dengan modal kecil

USAHA PEMBUATAN PUPUK ORGANIK INSTAN SIAP TABUR

Gerakan gaya hidup sehat sedang melanda dunia, yang bertemakan " back to nature." Trend baru tersebut telah bermunculan, dimana masyarakat mengiginkan sesuatu makanan yang benar-benar alami, bebas dari zat kimia, pestisida, hormon, dan pupuk kimia. Trend ini sejalan dengan Go Organic 2010 yang merupakan kebijakan yang dicanangkan pemerintah. Melihat fenomena seperti ini menjadikan prospek usaha pupuk organik sangat bagus. Hal ini dikarenakan masyarakat makin memperhatikan kesehatan sehingga akan memilih produk organik seperti beras, sayur, maupun buah-buahan yang menggunaan pupuk organik karena hasil produknya lebih menyehatkan bagi kesehatan tubuh. Disisi lain permintaan akan penggunaan pupuk organik semakin meningkat karena masyarakat terutama kalangan petani maupun penghobi tanaman hias yang menyadari bahwa penggunaan pupuk kimiawi dalam rentang waktu yang lama tidak memberi kontribusi positif tapi malah membuat pengerasan tanah yang membutuhkan waktu lama untuk pemulihan.

Dengan demikian penggunaan pupuk organik menjadi pilihan yang tepat. tidak salah, apabila usaha ini makin prospektif, karena semakin banyak orang yang tertarik untuk berkecimpung dibidang tanaman. Meskipun berprospek namun usaha pupuk organik ini belum ketat persainganya. Bahkan pupuk organik yang diproduksi saat ini hanya bisa memenuhi 3% dari kebutuhan.

Kompos mempunyai beberapa sifat yang menguntungkan antara lain:

1. memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan,
2. memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai,
3. menambah daya ikat air pada tanah, memperbaiki drainaise dan tata udara dalam tanah,
4. mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat hara,
5. mengandung hara yang lengkap
6. membantu proses pelapukan bahan mineral
7. memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikroba
8. menurunkan aktivitas mikroorganisme yang merugikan



Usaha pengolahan pupuk organik kompos instan sangat menjanjikan dikembangkan didaerah-daerah. Contohnya Boyolali, Jawa Tengah dan Lembang, Jawa Barat. Karena yang menjadi syarat utama dari usaha apupuk organik adalah dekat dengan bahan baku utama seperti kotoran dan urine hewan.
B. Perumusan Masalah

Mengacu pada uraian latar belakang di atas, maka rumusan pokok permasalahan program kreativitas mahasiswa dijabarkan sebagai berikut:

1. Bagaimana mengolah dan mengembangkan usaha pupuk organik instan siap tabur dan praktis, agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat?

2. Bagaimana strategi pemasaran dan cara memperoleh keuntungan yang berkelanjutan dalam usaha pupuk organik instan siap tabur dan praktis?

3. Apa dampak ekonomis yang timbul dengan adanya usaha pupuk organik instan siap tabur dan praktis?
C. Tujuan Program

Tujuan yang ingin dicapai dari program kreativitas mahasiswa ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk menjelaskan pengolahan dan pengembangan usaha pupuk organik instan siap tabur dan praktis, agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat

2. Untuk menjelaskan strategi pemasaran dan cara memperoleh keuntungan yang berkelanjutan pada usaha pupuk organik instan siap tabur dan praktisUntuk menjelaskan dampak ekonomis yang timbul dengan adanya usaha pupuk organik instan siap tabur dan praktis!

D. Luaran Yang Diharapkan

Adapun luaran yang diharapkan dari program kreativitas mehasiswa ini adalah sebagai berikut:

1. Terciptanya produk pupuk organik kompos instan siap tabur dan praktis yang memiliki nilai jual lebih tinggi di masyarakat.

2. Terjadinya hubungan kemitraan dengan para peternak dengan perusahaan pembuatan pupuk organik kompos instan siap tabur dan praktis. Dengan demikian kotoran sapi dapat dimanfaatkan dan sebagainya.

3. Pupuk organik kompos instan siap tabur dan praktis dapat diekspor ke luar negeri.
E. Kegunaan Program

1. Bagi Mahasiswa

Untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam berwirausaha.

2. Bagi Masyarakat

Untuk membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sumber : http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/pkm/article/view/2951
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul USAHA PEMBUATAN PUPUK ORGANIK INSTAN SIAP TABUR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sentra-ukm.blogspot.com/2010/05/usaha-pembuatan-pupuk-organik-instan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Joko Catur - Kamis, 13 Mei 2010